Ujian Masuk Bersama UI

Pendaftaran melalui Ujian Masuk Bersama (UMB)tanggal 19 Mei-30 Mei 2008
Tempat pendaftaran di Kampus UI Salemba, Jakarta. Mengenai prosedur pendaftaran akan diberitahukan nanti.
Ujian Seleksi
Tanggal 7 - 8 Juni 2008.
Biaya Pendaftaran
Kelompok IPA, Rp 175.000,00
Kelompok IPS, Rp 175.000,00
Kelompok IPC, Rp 200.000,00
Hari Pertama I :
Kemampuan Kuantitatif dan Bahasa
(Kelompok IPA, IPS, dan IPC) :
- Matematika Dasar
- Bahasa Indonesia
- Bahasa Inggris
Hari Kedua :
Kelompok IPA/IPC
- Matematika IPA
- Biologi
- Fisika
- Kimia
- IPA Terpadu
Kelompok IPS/IPC
- Sejarah
- Geografi
- Ekonomi
- IPS Terpadu
Kuota mahasiswa UI:
Ujian Masuk Bersama (UM : 50,89%)
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNM-PTN): 20%
Kerja sama Daerah dan Industri : 17,78%
Prestasi Olimpiade/Seni : 1,33%
Jadwal pendaftaraan:
Untuk Jakarta 19 Mei - 31 Mei 2008
Untuk Wilayah Luar Jakarta 27 Mei - 04 Juni 2008
Ujian Masuk Bersama untuk wilayah Luar Jabodetabek bisa mendaftar online melalui situs http:// penerimaan.ui.edu
pengumuman seleksi melalui http://www.spmb.or.id
Info lengkap:
http://www.anakui.com/

Baru saja saya membaca berita di Harian Kompas, edisi Rabu (7/5), tentang rencana PTN membuka berbagai jalur masuk dalam menjaring mahasiswa baru. Dalam berita tersebut, UI menjadi salah satu contoh PTN yang akan membuka jalur baru selain Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Program Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) yang sudah lazim dibuka.

Untuk tahun 2008 ini, UI akan membuka jalur baru bernama Ujian Bersama UI. Selain itu, UI juga akan membuka jalur bagi siswa berprestasi dalam Olimpiade keilmuan, siswa berprestasi dalam bidang olahraga dan seni dan jalur Kerja Sama Daerah dan Industri.

Yang mencengangkan bagi saya adalah komposisi jatah dari setiap jalur tersebut. Menurut Kompas dari 4.500 kursi mahasiswa (S1 reguler) untuk tahun ini, UI hanya akan menyediakan 900 kursi mahasiswa baru dari jalur SNMPTN. Selebihnya 450 orang dari PPKB, masing-masing 30 orang untuk jalur olimpiade dan seni/olahraga dan 800 orang dari jalur kerjasama daerah dan industri. Jadi, porsi yang paling besar akan dijaring melalui jalur Ujian Bersama UI yaitu sebanyak 2290 kursi calon mahasiswa.

Jika saya berpretensi negatif, komposisi seperti ini akan lebih membuka kesempatan pada calon mahasiswa dari kalangan menengah atas-perkotaan untuk kuliah di UI. Karena, bisa jadi Ujian Bersama ini hanya akan dilaksanakan di Jakarta saja yang tentu mengharuskan calon mahasiswa daerah untuk datang ke sana. Selain itu, belajar dari apa yang telah dilakukan ITB dan UGM, jalur mandiri seperti ini biasanya mensyaratkan biaya yang lebih tinggi dari jalur SNMPTN. Dan tentu saja ini akan semakin memberatkan bagi mereka yang tidak mampu secara ekonomi.

Menjadi bahan keprihatinan kita bersama bila pretensi ini (semoga tidak) menjadi kenyataan. Karena ini akan semakin menjauhkan UI dari usaha pemerataan pendidikan masyarakat. Maka kelak, mungkin kita akan hanya akan mendapati mahasiswa UI yang perlente, kos di Barel tapi pergi ke kampus naik mobil, tanpa mereka yang hidup bersahaja, yang memahami pendidikan sebagai wahana agung untuk memperbaiki hidupnya, ataupun bangsanya. Hanya waktu yang akan membuktikan semuanya.

wallahu 'alam bisshowb
Kebenaran datangnya hanya dari ALLAH

Comments