update Ujian masuk bersama UI

Informasi Penting lainnya adalah :
UMB adalah Ujian Masuk Bersama, ga cuma masuk UI aja, tetapi seleksi bersama masuk PTN seperti, Universitas Indonesia (UI), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.
Untuk yang ingin masuk UI, Jalur UMB adalah yang disarankan bila dibandingkan lewat Jalur SNM-PTN. Karena peluang lulusnya relatif lebih besar. Sebagai gambaran buat kamu, tahun ajaran 2008/2009 ini, Universitas Indonesia akan menerima mahasiswa baru 2008 sebanyak 4.500 dari berbagai jalur, antara lain :
Ujian Masuk Bersama (UMB) : 50,89%
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNM-PTN) : 20%
Kerja sama Daerah dan Industri : 17,78%
Prestasi Olimpiade/Seni : 1,33%
Informasi lainnya adalah peserta yang ikut UMB ini tidak bisa mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi 2008, jadi peserta mesti memilih, apakah ingin ikut SNM-PTN atau UMB? Menurut biro kehumasan Rektorat UI, Peserta yang ikut keduanya (UMB atau SNMPTN), maka namanya di SNM-PTN otomatis akan gugur atau dicoret.
Satu lagi UMB ini ga ada sumbangan-sumbangan apapun, seperti UM-UGM, SMUP, atau USM-ITB, dimana kita mesti membayar uang sumbangan setelah lulus seleksi. Jadi tenang aja, UMB ini ga ada sumbangan minimal atau apalah namanya yang ditagih setelah lulus nanti, so ga usah takut atau khawatir, prosesnya sama kayak SNM-PTN kok!
Ini yang paling penting!
Peserta ujian yang memilih UI sebagai pilihan PTN-nya. Mesti pilih salah satu dari kedua jalur tersebut, apakah memilih lewat UMB atau SNMPTN. Perlu diketahui juga, peserta yang memilih kedua jalur tersebut (UMB atau SNMPTN), maka nama ujiannya di SNM-PTN akan dicoret, walaupun nilainya tinggi.
klo misalnya nanti kita lulus di UI melalui UMB dan nga ngambil, dan misalnya kamu memilih ikutan SNM-PTN juga, kamu tetap nga bakalan lolos, karena nama kamu sebelumnya akan dicoret dari SNM-PTN.
Itu berlaku untuk peserta yang lulus dari jalur UMB, peserta yang tidak lolos bisa mencoba kembali melalui jalur SNM-PTN 2008.
trus yg alumni pengen ikut gimana? lulusan SMA angkatan 2006,2007 masih bisa ikutan

wallahu 'alam bisshowb
Kebenaran datangnya hanya dari ALLAH

Comments